SAP Bantu Timnas Jerman Maksimalkan Performa di Piala Dunia


MOSKOW (IndonesiaTerkini.com)- SAP SE (NYSE: SAP) hari ini, Jumat (22/6/2018) memperkenalkan inovasi teknologi dalam solusi SAP Sports One untuk membantu tim nasional sepak bola Jerman agar mampu bermain di puncak performanya sepanjang ajang Piala Dunia di Rusia. SAP dan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) bersama-sama berinovasi pada video cockpit dan dasbor pemain untuk menganalisa kebutuhan tim dan membagikan data terkait pertandingan yang relevan secara efisien, serta menempatkan mereka dalam posisi terbaik untuk meraih kemenangan.

Video Cockpit merupakan sebuah pusat konten yang menggabungkan banyak video live-play  tim dengan informasi pertandingan dan latihan dari berbagai sumber. Hal tersebut memungkinkan tim analis dan kepelatihan DFB untuk secara cepat mengidentifikasi pola dan kecenderungan serta menyusun strategi untuk memanfaatkan kelemahan potensial lawan.

Dengan menggunakan dasbor pemain, para pelatih dan tim analis dapat memberikan kemudahan bagi pemain untuk mengakses informasi dan video yang dipersonalisasi dari perangkat seluler mereka secara real-time. Video kokpit dan pemutar dasbor mewakili fitur terbaru SAP Sports One, solusi yang membantu tim dan organisasi olahraga untuk mendigitalkan manajemen kinerja dengan mengoordinasikan semua administrasi, pelatihan dan manajemen tim, proses scouting dan medis.

"Kami memiliki jumlah data yang luar biasa di tim nasional Jerman yang perlu kami proses dan bagikan secara real-time dengan pelatih, pemain dan analis," kata Oliver Bierhoff, General Manager, tim nasional sepak bola Jerman. “Artificial Intelligence dan Machine Learning memainkan peran penting dalam sepakbola dan merupakan bagian penting dari data analytics. Pakar kami dan SAP sedang mengerjakan topik ini bersama-sama. Kami bertujuan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan kami senang bekerja dengan SAP sebagai mitra terbaik untuk itu.”

DFB menjadi salah satu  tim yang pertama kali menyadari dampak yang ada pada data dan wawasan real-time pada sepakbola.

"Aspek taktis sepak bola telah menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir," kata Christofer Clemens, kepala scouting dan analisis pertandingan, tim nasional sepak bola Jerman. “Ini berarti bahwa pelatih, asisten pelatih, dan para analis pertandingan berupaya lebih keras untuk mengamati dan menganalisis berbagai sumber data permainan. Ini adalah langkah logis untuk menggunakan inovasi teknologi - terutama dari bidang analisis data, Artificial Intelligence dan Machine Learning - untuk menyederhanakan dan mempercepat proses tertentu. Menggunakan fungsionalitas baru dari solusi SAP Sports One - video kokpit dan dasbor pemain - memungkinkan analis pertandingan mempersiapkan pelatih dan pemain dengan lebih efisien. Selain itu, para pemain menerima informasi yang dibuat khusus untuk pertandingan mendatang.”

Sejak 2013, tim nasional sepak bola Jerman dan SAP telah mentransformasikan tim dan memproses data untuk meningkatkan performa tim. Dengan bekerja bersama-sama, mereka menciptakan beragam solusi inovatif yang mengubah sejumlah data menjadi wawasan unik dan real-time, dengan menyediakan keunggulan kompetitif dalam performa latihan dan pertandingan.

“Sebagai juara bertahan, tim nasional sepak bola Jerman berada di garis terdepan dari transformasi digital di bidang sepak bola dan menjadi yang pertama untuk menyadari bahwa data dan wawasan real-time dapat memberikan dampak besar di lapangan,” kata Stefan Ries, anggota dewan eksekutif SAP SE dan Chief Human Resources Officer. “

Pada tahun 2014, SAP mengembangkan solusi SAP Match Insights, yang menawarkan wawasan lebih luas ke dalam kinerja tim di lapangan, dan aplikasi seluler SAP Team One, sebuah aplikasi seluler yang membantu pemain dan pelatih berkomunikasi dan berbagi informasi dengan lebih mudah. Pada tahun 2016, SAP memperkenalkan aplikasi SAP Penalty Insights Web dan aplikasi mobile SAP Challenger Insights, dua teknologi prototypic yang memberikan wawasan berdasarkan data ke dalam kecenderungan dan formasi lawan. Dengan menggunakan solusi SAP dan wawasan yang dihasilkan sebagai bagian integral dari pelatihan dan persiapannya, DFB telah memenangkan berbagai gelar internasional, serta meningkatkan performanya di panggung dunia.

Prospek Masa Depan: Teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning

Melihat ke depan, SAP dan DFB telah memulai pengerjaan beragam solusi untuk memperkuat regenerasi pemain tim nasional Jerman berikutnya. Kapabilitas Artificial Intelligence dan Machine Learning di dalam analisa pertandingan telah diidentifikasi sebagai prioritas utama oleh SAP dan DFB. Sebagai contoh, dalam waktu dekat, para ofisial tim akan mampu mengidentifikasi bagian pertandingan yang rumit dengan mudah dan cepat. Sebagai mitra resmi dari akademi DFB, SAP akan terus berkontribusi di dalam teknologi dengan menciptakan berbagai solusi pelatihan untuk para pemain dan pelatih, menolong tim di dalam lingkup pengembangan talenta dan pemantauan pemain. (red/dri)
Labels: IPTEK

Thanks for reading SAP Bantu Timnas Jerman Maksimalkan Performa di Piala Dunia. Please share...!

Back To Top