AMD Jelaskan Strategi Pertumbuhan Bisnis dan Laba bagi Pemegang Saham di FAD 2020

(Tengah) Dr. Lisa Su, Presiden dan CEO AMD


SANTA CLARA, CALIFORNIA (IndonesiaTerkini.com)- Pada acara Finansial Analyst Day (FAD), AMD (NASDAQ: AMD) memaparkan rencana pertumbuhan bisnisnya yang didorong oleh CPU dan GPU multi-generation berperfoma tinggi untuk menjadi yang terbaik di kelasnya. Solusi bisnis ini juga didukung oleh skema investasi yang agresif untuk menghadirkan produk-produk inovatif di pasaran.

“Skema CPU dan GPU multi-generation berperfoma tinggi kami dirancang secara signifikan untuk mempercepat pertumbuhan keuntungan dan peningkatan laba bagi para pemegang saham kami” kata Dr. Lisa Su, Presiden dan CEO AMD dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/3/2020).

“Sekarang, kami fokus dalam eksekusi seluruh portofolio lini bisnis AMD dan secara berkala mulai agresif untuk memperkenalkan teknologi muktahir untuk meningkatkan pangsa pasar secara bertahap khususnya untuk pasar PC berkomputasi tinggi, gaming, dan data center," lanjutnya.

Teknologi Terbaru

Lebih dari 260 juta prosesor AMD Ryzen™ and AMD EPYC™ dengan “Zen” x86 cores telah dikirimkan, AMD berencana untuk memberikan rencana pengembangan generasi berikutnya dari CPU yang sudah sukses ini dengan inovasi tanpa batas:
  • AMD berencana untuk memperkenalkan prosesor pertama berbasis “Zen 3” core pada akhir tahun 2020. “Zen 4” core yang sedang dalam tahap pengembangan ini ditargetkan untuk menggunakan fabrikasi 5nm.
  • AMD akan memperluas penggunaan chipset dan proses fabrikasi die-stacking, Termasuk di dalamnya adalah “X3D” yang dapat mengkombinasikan antara chipset dan proses die stacking 2.5D dan 3D untuk memberikan peningkatan performa sebanyak 10x dalam hal transfer data. 
  • AMD akan memperkenalkan generasi ketiga dari AMD Infinity Architecture yang dapat mengoptimalisasi penyimpanan yang sama pada CPU dan GPU sehingga akan memberikan peningkatan performa yang signifikan dengan menyederhanakan proses pemrograman sehingga dapat mempercepat pemrosesan data.
  • AMD membangun portofolio produk dengan tingkat keamanan terbaik dan sekarang AMD tergabung dalam Confidential Computing Consortium, asosiasi perusahaan perangkat keras dan piranti lunak yang bekerja untuk meningkatkan keamanan komputer seumur hidup.
Menyingkapi pertumbuhan dalam GPU, AMD mengumumkan skema multi-generational GPU yang dapat memberikan optimalisasi dengan arsitektur grafis terbaru sebanyak 2x lebih cepat khusus untuk pasar gaming dan datacenter:
  • Arsitektur AMD Radeon™ DNA (AMD RDNA) dirancang secara spesifik untuk pasar gaming dan sekarang sudah tersedia pada GPU AMD Radeon™ seri RX 5000 yang sudah memenangkan berbagai penghargaan terbaik di kelasnya. Untuk generasi kedua dari arsitektur AMD RDNA akan mengalami peningkatan performa sebesar 50% dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA generasi pertama. Generasi AMD RDNA kedua juga akan mendukung berbagai teknologi mutakhir, diantaranya adalah hardware-accelerated ray tracing,  dan variable rate shading (VRS). Produk yang berbasis generasi kedua dari AMD RDNA direncanakan akan meluncur di pasaran pada akhir tahun 2020.
  • AMD mengumumkan arsitektur AMD Compute DNA (AMD CDNA) terbaru yang dirancang untuk mempercepat pemrosesan data, khususnya untuk datacenter. Generasi pertama dari AMD CDNA akan diluncurkan tahun ini, termasuk generasi kedua dari AMD Infinity Architecture yang dapat meningkatkan konektifitas GPU to GPU dan sudah dioptimalisasi untuk mendukung proses komputasi tinggi dan fungsi machine learning. Arsitektur AMD CDNA 2 juga akan mendukung generasi ketiga dari AMD Infinity Architecture yang dapat mempercepat ekskalasi pada supercomputer.
  • Memperluas penggunaan platform terbuka ROCm pada pasar datacenter, AMD berencana memperkenalkan ROCm versi 4.0 tahun ini sebagai solusi komplit piranti lunak untuk ekskalasi pasar komputasi tinggi yang juga mendukung fungsi machine learning.
Kabar Terbaru Pasar Data Center

Sejak tahun 2017, AMD telah menghadirkan inovasi yang signifikan pada pasar datacenter. Melalui prosesor AMD EPYC generasi pertama dan kedua, AMD hadir sebagai solusi untuk menghadirkan inovasi tanpa batas dalam meningkatkan pertumbuhan di pasar komersial, dan menjadi yang terbaik dalam optimalisasi performa data center:
  • AMD menjadi pionir dalam ekskalasi komputing masa depan dengan CPU, GPU, dan piranti lunak terbarunya, termasuk supercomputer El Capitan yang baru saja diumumkan pada Lawrence Livermore National Laboratory. Diprediksi akan digunakan pada tahun 2023, El Capitan akan memberikan performa 2x lebih kencang (exaFLOPs), dan menjadi supercomputer tercepat di dunia dengan performa setara dengan 200 supercomputer tercepat abad ini. 
  • AMD secara berkelanjutan terus memantau penggunaan prosesor AMD EPYC™ generasi kedua pada pasar enterprise, cloud dan HPC. AMD berusaha menghadirkan performa terbaik di kelasnya khususnya untuk pasar enterprise dan cloud. Di tahun 2020 kami mengharapkan lebih dari 150 prosesor AMD EPYC dapat memprakarsai industri penyimpanan awan (cloud computing) dan 140 platform server akan tersedia. 
  • AMD membuka akselerasi komputasi dengan teknologi terbaru termasuk arsitektur AMD CDNA, arsitektur generasi ketiga Infinity dan platform piranti lunak ROCm 4.0, semua teknologi tersebut juga mendukung AMD-powered Frontier dan supercomputer El Capitan. 
Kabar Terbaru Pasar Komputasi dan Grafis

AMD memposisikan untuk tetap terus bertumbuh pada pasar PC dan gaming dengan menghadirkan produk-produk terbaik di kelasnya seperti prosesor AMD Ryzen™,  kartu grafis AMD Radeon™ dan produk semi-kustom. Sejak 2017, AMD hampir dua kali meningkatkan pangsa pasar konsumen, membangun portofolio yang lengkap pada dekstop beperforma tinggi, high-end desktop (HEDT) dan prosesor notebook. Pada segmen gaming, mitra bisnis AMD yaitu berbagai brand  kartu grafis ternama di dunia telah membawa kartu grafis AMD Radeon kepada lebih dari 500 juta gamers  dari total 2,5 milyar gamers di seluruh dunia. AMD juga telah membangun hubungan bisnis jangka panjang dengan Microsoft dan Sony, untuk tetap menguasai pasar sebagai satu-satunya silicon provider untuk pasar konsol game.

Untuk tahun 2020 dan kedepannya, AMD melihat peluang adanya pertumbuhan pada portofolio bisnis komputasi dan kartu grafis:
  • AMD mengharapkan pertumbuhan performa dengan merampingkan fabrikasi 7nm “Zen 2”- didasarkan dari generasi ketiga prosesor AMD Ryzen™ yang dirancang spesifik untuk dekstop dan laptop untuk segmen konsumer dan komersial. Prosesor AMD Ryzen dibangun untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna, menghasilkan performa yang memukau, responsif, serta hemat daya dan juga fitur keamanan data terbaik. Dengan adanya arsitektur “Zen 3” yang berbasis  produk AMD Ryzen™, AMD berharap dapat meningkatkan performanya pada pasar gaming, pembuatan konten, serta produktivitas di tahun 2020.
  • AMD berencana untuk menghadirkan arsitektur AMD RDNA, sebuah arsitektur kartu grafis yang dapat memperluas instalasi penggunaan produk AMD Radeon. Dalam rangka memperluas peningkatan performa dari kartu grafis Radeon seri RX 5000, GPU “Navi 2X”  yang berbasis arsitektur AMD RDNA 2 akan membawa pengalaman bermain game dalam resolusi 4K yang memukau dan fitur baru diantaranya adalah peningkatan performa dalam hal hardware-based ray tracing support. (red/dri)
Labels: amd jelaskan strategi pertumbuhan bisnis dan laba bagi pemegang saham di fad 2020, berita amd, indonesiaterkini.com

Thanks for reading AMD Jelaskan Strategi Pertumbuhan Bisnis dan Laba bagi Pemegang Saham di FAD 2020. Please share...!

Back To Top