Logitech Ikrarkan Transparansi Akan Dampak Karbon

Logitech Internasional, perusahaan produk cloud peripherals, mengikrarkan akan mengkomunikasikan dampak karbon dari semua produknya di setiap kardus kemasan dan situs web perusahaannya. Diharapkan pemberian label dampak karbon pertama akan ada di produk gaming  pada akhir tahun ini, yang kemudian dilanjutkan pemberian label tersebut ke seluruh  portofolio sesuai rencana


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Logitech Internasional (SIX: LOGN) (Nasdaq: LOGI), perusahaan produk cloud peripherals, mengikrarkan bahwa mulai hari ini akan mengkomunikasikan dampak karbon dari semua produknya di setiap kardus kemasan dan situs web perusahaannya. Diharapkan pemberian label dampak karbon pertama akan ada di produk gaming  pada akhir tahun ini, yang kemudian dilanjutkan pemberian label tersebut ke seluruh  portofolio sesuai rencana.

Logitech akan menjadi perusahaan elektronik konsumen pertama dunia yang memberi label dampak karbon secara rinci pada setiap produk kemasannya serta juga ke seluruh portofolio bisnisnya. Logitech melakukan terobosan ini dengan maksud ingin agar konsumen ikut berdaya dan berkolaborasi akan pilihan mereka dalam menentukan pilihan mereka dalam membeli produk. Logitech juga ingin membangkitkan tatanan baru kepada seluruh industri lainnya untuk turut berubah menurunkan dampak karbon secara dramatis terhadap lingkungan.
  • Tweet sekarang: Logitech berdayakan konsumen dalam keputusan pembelian mereka melalui transparansi dampak karbon terhadap lingkungan disetiap produk mereka.
Sebagai perusahaan yang memenangi penghargaan dalam hal desain produk, di dalam proses mendesain produk, Logitech selalu memikirkan secara berkelanjutan dan mencari cara untuk mengurangi dampak produk mereka terhadap lingkungan. Hingga saat ini, belum terlihat adanya pengetahuan yang diberikan kepada konsumen untuk memahami dampak individu mereka sendiri terhadap lingkungan. Sekarang, dengan adanya label transparan karbon pada kemasan produk, Logitech akan memberikan pengetahuan akan dampak tersebut, mengkomunikasikannya kepada konsumen, dan memberdayakan mereka dalam pengambilan keputusan yang tepat saat membeli.

"Kami menyadari besarnya tantangan lingkungan yang dihadapi bumi kita saat ini," kata Bracken Darrell, presiden dan CEO Logitech.

“Kami menggandakan upaya kami untuk mengurangi dampak kami terhadap lingkungan, namun kami tidak dapat melakukannya sendiri. Dengan mengkomunikasikan dampak karbon atas setiap produk kami, kami berdayakan konsumen dan berkolaborasi untuk memperbaiki dunia. Karbon adalah jenis kalori baru - kita perlu tahu apa yang kita konsumsi. Kami juga mengundang perusahaan lain untuk bergabung bersama Logitech untuk melakukan perubahan positif melalui pemberian transparansi seperti ini pada produk mereka. Dibutuhkan upaya dari seluruh industri untuk benar-benar membuat perubahan," ujarnya.

Transparansi Karbon menunjukkan konsistensi dan komitmen Logitech secara berkelanjutan dan menyeluruh, yang diaplikasikan pada produk, pengemasan, dan operasionalnya. Pada tahun 2019, Logitech menetralisir karbon dalam portofolio produk gaming-nya, mengumumkan dukungannya akan Perjanjian Paris, berikrar untuk membatasi jejak karbonnya untuk mendukung tujuan ambisius 1,5oC dan berkomitmen bahwa perusahaan akan menggunakan tenaga listrik dari sumber terbaharui secara eksklusif pada tahun 2030.

Menghitung dampak karbon

Dampak karbon adalah pengukuran kuantitatif yang diakui selaras dengan upaya aksi iklim. Logitech telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengembangkan kemampuan Life Cycle Analysis (LCA) yang mencerminkan dampak karbon suatu produk selama masa pakai produk tersebut, dari bahan mentah hingga pembuatan, distribusi, penggunaan konsumen, dan pada akhirnya memasuki akhir masa pakai. Penerapan alat LCA dan keahlian desain memungkinkan perusahaan untuk menganalisis dampak karbon, kadar racun (toxicity), dan sirkularitas dari berbagai produk dan bahan kemasan.

Untuk menjaga integritas perhitungan internal perusahaan, Logitech akan bekerjasama dengan pihak ketiga yang mumpuni termasuk Natural Capital Partners, iPoint Group, dan penguji independen yang akan memverifikasi secara kritis dan memvalidasi tingkat dampak karbon produk sesuai standar sertifikasi DEKRA. Logitech secara sukarela mengomunikasikan informasi jejak karbon produk dan akan menyediakan akses online mengenai metodologi dan protokol yang diterapkan, pemenuhan standar kuantifikasi jejak karbon dan mengkomunikasikan penetapan label sesuai sertifikasi standar ISO 14067 dan ISO 14026.

"Semakin banyak konsumen mencari penggiat bisnis yang secara jelas melakukan tindakan aksi yang nyata, jelas, transparan dan kredibel mengenai aksi mereka terhadap iklim dunia," kata Rebecca Fay, Chief Marketing Officer (CMO) di Natural Capital Partners.

“Kami memuji program transparansi karbon Logitech yang dilengkapi sertifikasi CarbonNeutral® untuk seluruh produk-produknya. Hal ini benar-benar menunjukkan bahwa Logitech merupakan perusahaan yang memiliki komitmen penuh untuk bertransformasi ke arah rendah karbon," lanjutnya.

“Menciptakan transparansi akan jejak karbon dari produk suatu perusahaan adalah langkah penting untuk mengurangi efek gas rumah kaca dan dengan ini secara tidak langsung juga turut memerangi perubahan iklim,” kata Martina Prox, selaku Sustainability Strategy dari iPoint Group.

“Kami berharap dapat terus bekerja dengan Logitech dalam menghitung dan menganalisis jejak karbon dari portofolio produk mereka," ungkapnya. (red/dri)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Logitech Ikrarkan Transparansi Akan Dampak Karbon. Please share...!

Back To Top