Fitur Keamanan Canggih dari Prosesor AMD EPYC Mengaktifkan Portofolio Baru Google Cloud Confidential Computing

Ilustrasi Confidential VMs by Google Cloud


SANTA CLARA, CALIFORNIA (IndonesiaTerkini.com)- AMD (NASDAQ: AMD) dan Google Cloud hari ini mengumumkan ketersediaan beta dari Confidential Virtual Machines (VMs) untuk Google Compute Engine yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC ™ Generasi Kedua, dengan keuntungan fitur keamanan canggih prosesor.

Produk pertama dalam portofolio Google Cloud Confidential Computing, Confidential VMs, memungkinkan pelanggan untuk pertama kalinya mengenkripsi data yang sedang digunakan ketika sedang diproses dan tidak hanya saat transit. Berdasarkan keluarga N2D dari VMs untuk Google Compute Engine, Confidential VMs memberikan pelanggan pemrosesan performa tinggi untuk kerja komputasi yang penuh tuntutan dan memungkinkan enkripsi bahkan untuk data paling sensitif di cloud saat sedang diproses.

“Di Google Cloud, kami percaya bahwa masa depan komputasi cloud akan semakin beralih ke layanan pribadi yang dienkripsi di mana pengguna menjadi yakin bahwa kerahasiaan data mereka selalu ada dalam kendali mereka. Untuk membantu pelanggan dalam melakukan transisi itu, kami telah menciptakan Confidential VMs, produk pertama dalam portofolio Google Cloud Confidential Computing kami, "kata Vint Cerf, vice president and chief internet evangelist, Google. dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/7/2020).

"Dengan menggunakan teknologi keamanan canggih dalam prosesor AMD EPYC, kami telah menciptakan teknologi terobosan yang memungkinkan pelanggan untuk mengenkripsi data mereka di dalam cloud saat sedang diproses dan membuka skenario komputasi yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan," lanjutnya.

"Ketika perusahaan memindahkan kerja ke cloud dengan alasan termasuk kemudahan manajemen, skalabilitas, dan pengurangan biaya, mereka sering berhenti memindahkan beban kerja yang lebih sensitif karena masalah keamanan," kata Dan McNamara, senior vice president and general manager, Server Business Unit, AMD.

“Untuk meyakinkan bahwa pelanggan dapat memindahkan beban kerja sensitif mereka ke dalam cloud, AMD dan Google bekerja bersama pada Google Confidential VMs untuk mengambil keuntungan dari fitur keamanan canggih, Secure Encrypted Virtualization, dalam prosesor AMD EPYC. Hal tersebut dapat membantu mengaktifkan tingkat keamanan berbasis hardware secara terpadu dan konsisten untuk aplikasi dan beban kerja di dalam cloud. Juga, AMD dan Google telah bekerja sama untuk membantu pelanggan mengamankan data mereka dan mencapai performa tinggi dari beban kerja mereka," ungkapnya.

Confidential VMs dari Google memberikan:
  • Real time encryption-in-use - pelanggan Google Cloud dapat mengenkripsi data yang digunakan melalui fitur-fitur keamanan canggih yang ditawarkan oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua bersama dengan layanan cloud Confidential Computing, membawa terobosan di tingkat perlindungan data cloud,
  • Secure Encrypted Virtualization (SEV) - fitur keamanan canggih yang tersedia pada prosesor AMD EPYC, yang mengenkripsi memori VM menggunakan kunci per-VM khusus yang dihasilkan dan dikelola oleh keamanan prosesor yang tertanam,
  • "Left and Shift Confidentiality" - AMD dan Google telah menyederhanakan penggunaan Confidential Computing, membuat transisi ke Confidential VMs menjadi mulus karena pelanggan tidak perlu membuat perubahan kode apa pun pada aplikasi mereka untuk mendapat manfaat dari VM ini,
  • High-performance VMs - Confidential VMs menawarkan performa yang serupa dengan Google N2D VMs, yang ditenagai oleh prosesor AMD EPYC Generasi Kedua berperforma tinggi.
Mendorong Inovasi dengan AMD dan Google

Confidential Computing dapat membuka skenario komputasi yang sebelumnya tidak mungkin, termasuk:
  • Multi-party Computation - Situasi di mana organisasi ingin berkolaborasi satu sama lain pada dataset pribadi, sambil melindungi kerahasiaan data.
  • Akses Data dan Kerahasiaan - Confidential VMs dapat membatasi paparan data dan siapa yang dapat mengaksesnya dengan mengenkripsi data bahkan ketika sedang diproses.
Organisasi dapat membagikan data rahasia dan berkolaborasi dalam penelitian di cloud lintas geografi dan para pesaing dengan keyakinan akan kemampuan performa tinggi dan fitur keamanan canggih dari prosesor AMD EPYC yang digabungkan dengan teknologi Confidential Computing inovatif yang ditawarkan oleh Google.

Prosesor AMD EPYC, Mentenagai Cloud Modern yang Fokus pada Keamanan

Prosesor AMD EPYC mentenagai lebih dari 120 tipe VM dari penyedia cloud dan host di seluruh dunia yang mendukung berbagai beban kerja termasuk performa tinggi, tujuan umum, memori terikat dan lainnya.

AMD juga berkomitmen untuk mendukung peningkatan untuk keamanan di komputasi cloud karena baru-baru ini bergabung dengan Confidential Computing Consortium. Confidential VMs tersedia untuk semua pelanggan GCP di wilayah GCP berikut - asia-tenggara1, eropa-barat1, eropa-barat4, us-sentral1 dan tersedia untuk Google Compute Engine dalam Beta. (red/dri)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Fitur Keamanan Canggih dari Prosesor AMD EPYC Mengaktifkan Portofolio Baru Google Cloud Confidential Computing. Please share...!

Back To Top