BI Jatim - Hebitren Tingkatkan Kemandirian Pesantren dengan Optimalkan Teknologi Digital

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) bersama Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) fokus penguatan peran Hebitren dalam upaya peningkatan kemandirian pesantren-pesantren dengan mengoptimalkan teknologi digital



SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) bersama Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) fokus penguatan peran Hebitren dalam upaya peningkatan kemandirian pesantren-pesantren dengan mengoptimalkan teknologi digital. Upaya tersebut dilakukan dengan Sarasehan Hebitren se-Jawa dan Rakerwil Hebitren Jawa Timur. Semangat penguatan peran Hebitren tersebut tercermin dari kehadiran Ketua Umum Hebitren Indonesia, Drs. KH. Hasib Wahab Chasbulah, Anggota Dewan Kehormatan Hebitren Indonesia, H. Dahlan Iskan, Kepala KPw BI Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, Ketua Hebitren Korwil Jatim, H. Faiz, M.Fil serta para Kyai Ketua Hebitren Koordinator Wilayah dan Cabang se-Jawa.

Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto menjelaskan bahwa Bank Indonesia terus berkomitmen untuk mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah, salah satunya melalui wadah Hebitren. "Berbagai program kemandirian pesantren dan usaha syariah secara end to end terus dikembangkan, baik dari pengembangan virtual market dan holding bisnis, kemudahan akses lintas pesantren, pariwisata halal, hingga sinergi program antar lembaga yang terus digencarkan seperti Gernas Bangga Buatan Indonesia. Berbagai program tersebut selaras dengan tema dan agenda pembahasan Presidensi G20 2022, yaitu Recover Stronger, Recover Together khususnya untuk aspek peningkatan inklusi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujar Budi dalam sambutannya di acara pembukaan Rakerwil Hebitren Kamis (24/3/2022).

Ketua Umum Hebitren Indonesia, Drs. KH. Hasib Wahab Chasbulah, menyampaikan bahwa Sarasehan dan Rakerwil Hebitren menjadi kesempatan yang berharga untuk mensinergikan program kerja Hebitren se-Jawa. "Sebagai bentuk implementasi hasil Rakernas tahun 2021, Hebitren mentargetkan reaktivasi 1.000 pesantren untuk turut berperan dalam melaksanakan program kerja Hebitren," jelasnya.

Ditambahkan KH Hasib Wahab, Indonesia memiliki 36.000 pesantren yang bila dioptimalkan kemandirian usahanya, maka akan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia. "Melalui Hebitren yang dipelopori oleh salah satunya Bank Indonesia, Hebitren diharapkan mampu kembali membangkitkan kembali pengusaha ulama (Nahdlatul Tujjar," paparnya.

Sarasehan juga menghadirkan Dahlan Iskan untuk berbagi pengalaman berwirausaha yang dapat diterapkan di lingkungan pesantren. "Dalam berbisnis harus bertauhid. Maksudnya, harus fokus pada satu bidang dan tanpa dicampuri urusan lain, apalagi politik," pungkas Dahlan Iskan. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading BI Jatim - Hebitren Tingkatkan Kemandirian Pesantren dengan Optimalkan Teknologi Digital. Please share...!

Back To Top