Java Coffee Culture, Dukung Pelaku Usaha Kopi Lokal Go Global Go Digital

Hari pertama gelaran Java Coffee Culture 2022 di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (26/11/2022)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Hari pertama gelaran Java Coffee Culture 2022 selesai dilakukan. Bank Indonesia (BI) fokus mendukung UMKM dan pelaku usaha kopi mengembangkan usahanya melalui rangkaian Educoffee, Sabtu (26/11/2022) di Hotel Majapahit Surabaya. Educoffee yang menghadirkan banyak expertise kopi mengulas tentang bagaimana mengoptimalisasi produktivitas, kualitas, branding hingga promosi produk kopi unggulan untuk memperluas pasar hingga masuk dalam platform digital maupun pasar global.

Budi Hanoto Kepala BI Jatim menyampaikan, potensi penguatan komoditas unggulan kopi tak lepas dari adanya tantangan yang memerlukan ruang perbaikan. Antara lain aspek permodalan bagi petani dan pengolah kopi skala kecil, kualitas biji kopi yang masih tergolong rendah, supply chain kopi yang masih panjang, aspek pemasaran biji kopi yang masih terbatas, dan kurangnya akses ekspor bagi petani kopi skala kecil. Karenanya, BI melakukan strategi pengembangan komoditas unggulan kopi dengan berlandaskan pada pilar pengembangan UMKM, antara lain: korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan akses pembiayaan. Hal ini bertujuan untuk memperluas akses pasar domestik dan ekspor kopi melalui peran aktif UMKM mendukung kegiatan ekonomi produktif. "Kami harapkan, kegiatan ini dapat membawa Kopi Jawa menjadi komoditas unggulan nasional. Dan meningkatkan value added Kopi Jawa dalam mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan, dan memperkuat rantai nilai Kopi Jawa (termasuk ekosistem UMKM Syariah) untuk go global dan go digital secara end-to-end," kata Budi.

Mia Laksmini, Asia’s 1st Female Q Robusta Grader Instructor, serta Adi Taroepratjeka Indonesia’s 1st Q Grader Instructor/Direktur 5758 Coffee Lab, menyampaikan pentingnya standardisasi kualitas kopi untuk pasar global dengan standar Nasional. Perlunya pelatihan penguji cupping score kopi, serta pentingnya kalibrasi antar penguji kopi baik lokal maupun global, agar citarasa kopi nusantara dapat terstandardisasi dengan baik.

Kegiatan talkshow lainnya juga mengulas berbagai kiat sukses dan inovasi coffeepreneur di era digital. Salah satu narasumber, Rinaldi Nurpratama Owner Dua Coffee Shop menjelaskan, pertama, menentukan segmentasi pasar yang dibidik dalam memulai bisnis kopi merupakan Langkah awal yang harus dilakukan. Kedua, promosi hal yang tidak bisa ditinggalkan. Promosi menggunakan platform digital menjadi penting untuk memperluas jangkauan produk kita agar dapat dinikmati masyarakat luas terutama sesuai dengan target pasar kita. Ketiga, perlu dilakukan diferensiasi produk pendukung dan inovasi selain kopi yang sesuai dengan branding yang kita inginkan.

Selain Educoffee, pada Java Coffee Festival 2022 juga dilakukan sejumlah business matching antara UMKM Kopi dengan buyer lokal maupun global bekerjasama dengan kantor diplomatik, asosiasi serta trader internasional. Terdapat 60 contoh kopi unggulan nusantara yang ditampilkan, diantaranya 14 kopi Arabika Fullwashed, 12 kopi Arabika Natural, 27 kopi robusta, dan 7 kopi liberika. Dari seluruh contoh kopi tersebut dipilihlah 5 kopi terbaik dari masing-masing jenis dan disajikan untuk di cupping bersama dengan potensial buyer. Kegiatan itu mampu merealisasikan kesepakatan business baik lokal dan ekspor masing-masing sebesar Rp 2.310.289.000 dan Rp 7.687.198.000.

Java Coffee Festival 2022 juga masih akan berlangsung dengan menyuguhkan berbagai kompetisi menarik yang dapat diikuti oleh peserta umum dengan kategori lomba kekinian seperti Latte Art, Cover Song, Coffee Culture Video, dan Kreasi Jajanan Kopi Jawa. Selain itu juga terdapat showcasing UMKM kopi yang melibatkan 40 UMKM kopi unggulan. Sebagai puncak acara JCC 2022, Pesona Kopi Jawa menjadi puncak acara Java Coffee Culture (JCC) 2022 yang akan digelar, Minggu (27/11/2022) di Jl. Tunjungan Surabaya. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Java Coffee Culture, Dukung Pelaku Usaha Kopi Lokal Go Global Go Digital. Please share...!

Back To Top