Mitra Pinasthika Gencarkan Desa Tangguh Energi di Kupang

Peresmian program Desa Tangguh Energi di Kupang, NTT


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menyerahkan instalasi mikro hidro atau rumah turbin kepada warga Desa Oesusu di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penyerahan instalasi ini seiring dengan diresmikannya program perseroan bertajuk Desa Tangguh Energi: Instalasi Mikrohidro di Desa Oesusu pada 19 Desember 2023. Program ini merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan MPMX untuk memudahkan masyarakat mengakses energi ramah lingkungan. Ini selaras dengan Tujuan Global Pembangunan Berkelanjutan yaitu energi bersih yang terjangkau. Program ini berfokus pada instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Hidro (PLTH), yang memanfaatkan kekuatan alam tanpa merusak lingkungan.

Beatrice Kartika, Chief Financial Officer MPMX, mengatakan listrik merupakan energi yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia dan salah satu manfaat utamanya yaitu sebagai penerangan. Dengan adanya listrik, masyarakat bisa melakukan banyak hal di malam hari. “Namun, masih ada wilayah-wilayah yang masih belum menerima aliran listrik. Pada titik ini MPMX berpartisipasi aktif dengan merealisasikan instalasi mikro hidro, harapannya instalasi ini memberikan dampak positif dari keberadaan kami pada program tanggung jawab sosial perusahaan,” ujar Beatrice, Jumat (12/1/2024).

Saat ini, solusi yang terus dikembangkan oleh sebagian besar negara di dunia adalah dengan memberdayakan energi alternatif yang ramah lingkungan, salah satunya adalah penggunaan energi terbarukan bertenaga air. Energi terbarukan seperti PLTMH sangat penting dikembangkan dan digunakan. Sebelum menentukan Desa Oesusu sebagai penerima instalasi mikrohidro, emiten otomotif ini melakukan studi dan social mapping untuk memastikan bahwa kriteria mikrohidro yang dibutuhkan dapat terpenuhi, seperti adanya sumber daya dengan melakukan pengukuran awal berupa pengukuran debit air.

Debit air diukur secara manual dengan cara mengukur luas penampang air yang melewati sungai serta mengukur kecepatan air. Beatrice mengatakan pengoperasian instalasi mikrohidro ini diharaokan tidak hanya membawa penerangan, tetapi juga peningkatan kualitas masyarakat. Energi Listrik merupakan hal yang paling vital dalam menjalankan bisnis pedesaan, seperti pencahayaan hingga mekanisasi pertanian. Penggunaan teknologi PLTMH ini dapat menjadi sumber energi Listrik di pedesaan. “Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baiknya listrik ini untuk belajar, dan mengembangkan usaha serta desanya,” ucap Beatrice.

Program Desa Tangguh Energi besutan MPMX ini bukan hanya tentang menyediakan energi mikrohidro sebagai solusi utama sebagai sumber energi baru dan terbarukan dalam mengatasi kelangkaan sumber energi fosil dan membangun masa depan yang lebih baik untuk masyarakat setempat. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Mitra Pinasthika Gencarkan Desa Tangguh Energi di Kupang. Please share...!

Back To Top