Pentingnya Industri Penjualan Langsung Bertranformasi ke Digital Marketing

Penghargaan kepada para mitra usaha yang telah mencapai peringkat tertinggi untuk kategori Top Sales Volume dan Top Sponsoring di perusahaan penjualan langsung, khususnya perusahaan anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), diberikan APLI Awards


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk memberikan penghargaan kepada para mitra usaha yang telah mencapai peringkat tertinggi untuk kategori Top Sales Volume dan Top Sponsoring di perusahaan penjualan langsung, khususnya perusahaan anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), diberikan APLI Awards. Ini merupakan bukti bahwa industri penjualan langsung memberikan peluang tak  terbatas untuk menjadi seorang entrepreneur tanpa harus dari pemilik modal dan  tanpa  melihat latar belakang pendidikan. Kegiatan ini  melibatkan para  pelaku industri penjualan langsung serta pemangku  kepentingan guna mensosialisasikan kembali industri tersebut serta dampak  positif secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat.

Tahun ini, APLI Awards 2023 merupakan penyelenggaraan kegiatan tahun ke- 4, yang  sebelumnya diawali pada 2020, tahun 2021 serta 2022. Tema yang diangkat dari WFSDA World  Congress XVII, Dubai, UAE, yakni ‘Reimagine, Reinvent, Redefine’. Dan di era digital saat ini, hampir semua proses bisnis di dunia telah memakai  teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat  dalam bentuk transaksi elektronik, pertukaran, penjualan barang, pelayanan jasa dan  informasi secara elektronik.

Oleh karena itu, tema tersebut di atas memberikan pesan  agar industri penjualan langsung (direct Selling) harus segera bertransformasi dari yang  bersifat konvensional door to door menjadi bersifat digital, sehingga dapat memasarkan  secara luas untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi dan  kelangsungan industri penjualan langsung dengan cara membangun bisnis penjualan  langsung di dunia digital (Reimagine), memahami profil penjual langsung secara  menyeluruh (Reinvent) dan mengukur dampak kolektif terhadap loyalitas dan  kepercayaan masyarakat (Redefine). Sebagai contoh, di beberapa negara, telah  mengizinkan penjualan produk-produk penjualan langsung untuk dijual melalui marketplace,  antara lain Malaysia. Sedangkan di Thailand, Brazil dan China dapat menjual produk-produk  penjualan langsung melalui platform digital marketing.

Ketua Umum APLI Kany V. Soemantoro mengatakan, kami mengajak para mitra usaha  yang terdaftar di perusahaan penjualan langsung yang bernaung di APLI, untuk tetap  memiliki semangat  tinggi membangun bangsa melalui kiprahnya di bisnis penjualan langsung secara sehat dan benar. Saat ini industri penjualan langsung mampu  mendongkrak perekonomian negara dengan cukup signifikan, sumbangan terhadap produk domestik bruto didominasi oleh konsumsi rumah tangga serta berkontribusi positif dalam  mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Sekjen APLI Ina Rachman menambahkan, agar industri penjualan langsung ini terus  bertumbuh di abad digital, maka diperlukan peraturan yang khusus untuk mengatur dan mengizinkan  kegiatan industri penjualan langsung melalui platform digital sehingga dapat mengubah  paradigma bisnis klasik dengan menumbuhkan model-model interaksi dan transaksi yang  modern antara perusahaan penjualan langsung dengan para mitra usahanya secara virtual  tanpa menghilangkan ciri distribusi eksklusifnya. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pentingnya Industri Penjualan Langsung Bertranformasi ke Digital Marketing. Please share...!

Back To Top