Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, Ratusan Siswa SMA Ikuti Program Edukasi Finansial

Program edukasi keuangan bertajuk Financial Literacy Program (Filter) siswa SMA/ SMK di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis 14 Maret 2024


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Ratusan siswa SMA dan SMK dari 35 sekolah di Padang, Sumatera Barat dan Bandar Lampung mendapat edukasi finansial bertajuk FILTER (FInanciaL liTERacy Program). Gelaran ini dihelat oleh PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) untuk mendukung upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Berlangsung sejak Mei 2023, para siswa belajar membuat keputusan finansial pribadi yang efektif dan berkelanjutan dengan memahami konsep pengelolaan dan perencanaan keuangan secara konvensional dan syariah. Di akhir pembelajaran, para siswa juga berkompetisi untuk mengampanyekan topik-topik finansial dengan cara yang inovatif dan kreatif melalui beragam platform media sosial. Hasilnya, 317 proyek kampanye literasi keuangan yang dipublikasikan mampu menjangkau lebih dari 1,6 juta generasi muda selama dua bulan.

Regional Business Manager Mandala Finance, Hendri Saputra mengungkapkan bahwa perusahaan melihat pengetahuan dan kecakapan finansial setiap individu semakin penting untuk ditanamkan sejak usia sekolah. "Hal ini dapat membekali generasi muda dengan kemampuan untuk merencanakan strategi pengelolaan keuangan pribadi yang tepat dan dapat memberikan manfaat ekonomi yang optimal secara jangka panjang. Oleh karena itu, kami berharap inisiatif FILTER ini dapat mendukung perwujudan generasi muda Indonesia yang terliterasi, terinklusi dan terlindungi secara finansial,” ucapnya, Jumat (15/3/2024).

Sementara, Plt Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Barat, Guntar Kumala menyambut baik hadirnya program tersebut. Dirinya mengatakan lantaran pemahaman keuangan yang memadai akan meningkatkan kepercayaan diri individu untuk mengambil keputusan. "Kondisi tersebut akan mengarahkan mereka untuk mencapai potensi dan kesejahteraan finansial yang lebih baik di masa depan serta secara masif berdampak pada stabilitas pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap dia.

Di sisi lain, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengatakan bahwa wawasan dan keterampilan finansial dari program ini menjadi aset yang sangat berharga bagi para siswa yang sesaat lagi memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan segera memperoleh pendapatan sendiri. "Selain terampil, para siswa juga diharapkan memiliki pola pikir untuk selalu membudayakan pengelolaan keuangan pribadi yang sehat, baik untuk diri sendiri, keluarga, dan juga komunitas, hingga mencapai kemapanan dan kemandirian finansial di masa depan,” ucap dia.

Selain meningkatkan kecakapan finansial siswa SMA dan SMK, inisiatif ini telah membantu 51 UMKM Kota Padang untuk menumbuhkan produktivitas bisnis melalui digitalisasi serta mendukung pengembangan fasilitas Community Digital Learning Center Pemerintah Kota Padang. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, Ratusan Siswa SMA Ikuti Program Edukasi Finansial. Please share...!

Back To Top