Asuransi Astra Gelar Literasi Keuangan Nelayan

Asuransi Astra menyelenggarakan literasi dan inklusi keuangan bagi para nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Selasa (23/4/2024)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Asuransi Astra menyelenggarakan literasi dan inklusi keuangan bagi para nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, Selasa (23/4/2024) bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional yang jatuh pada bulan April.

Indonesia menargetkan inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024, Pada 2022, Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) menunjukkan, indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%. Dalam kegiatan ini, Asuransi Astra memberikan literasi keuangan kepada nelayan yang bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai manajemen keuangan yang baik, sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang dan menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Materi ini disampaikan Unit Manager Environment and Social Responsibility Asuransi Astra Abdullah Kholifah.

Dalam pemaparannya, Kholif mengingatkan pentingnya pengendalian risiko terhadap kejadian tak terduga, seperti mengasuransikan aset hingga diri sendiri dan keluarga. Apalagi, profesi nelayan memiliki risiko tinggi seperti bencana alam, kecelakaan di laut hingga tangkapan ikan yang cenderung musiman. Manajemen keuangan ini, kata dia, bukan hanya berfokus pada biaya operasional melaut, namun pengelolaan keuangan personal masing-masing nelayan agar mencapai kesejahteraan yang merata.

Pada kesempatan ini, Asuransi Astra juga memberikan inklusi keuangan berupa asuransi kecelakaan diri Garda Me Micro kepada seluruh peserta yaitu para nelayan. Pemberian ini selain meningkatkan inklusi masyarakat dalam mendapatkan akses terhadap produk keuangan, juga bertujuan memberikan pengalaman berasuransi kepada nelayan.

Dengan demikian, dia menyatakan, mereka dapat memahami manfaat positif yang diberikan dalam meminimalisir dampak risiko yang merugikan khususnya ketika sedang bekerja. “Manajemen keuangan ini bukan hanya penting dari sudut pandang profesi saja, tetapi juga penting dalam pengambilan keputusan para nelayan dalam menjalani keseharian,” kata dia, Rabu (24/4/2024).

VP Governance, Risk Management, Compliance and Corporate Secretary Asuransi Astra, Djoko Nugroho Anindito berharap melalui perolehan literasi dan inklusi keuangan yang Asuransi Astra berikan, para nelayan dapat mengembangkan kebiasaan baru dalam mengelola keuangan jangka Panjang, sehingga dapat mencapai kesejahteraan diri sendiri dan keluarga.

Dia juga berharap Garda Me Micro dapat bermanfaat dan memberikan pengalaman baik yang akhirnya dapat meningkatkan kesadaran para nelayan untuk menggunakan produk asuransi hingga produk keuangan lainnya sesuai dengan kebutuhan. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Asuransi Astra Gelar Literasi Keuangan Nelayan. Please share...!

Back To Top