Lebaran, Trafik Data Indosat Naik 17%

Petugas lapangan bekerja 24 jam untuk jaga layanan terbaik Indosat saat Lebaran 2024


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Operator telekomunikasi PT Indosat Tbk atau Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H/Lebaran 2024.

Lonjakan trafik dipicu oleh meningkatnya penggunaan beberapa aplikasi, yakni TikTok, Instagram, dan YouTube rata-rata 24%. Sementara itu, aplikasi game mobiles seperti Mobile Legends, Free Fire, dan Call of Duty mencatat lonjakan trafik data tertinggi hingga 95%. Pada saat yang sama, perusahaan juga membuktikan kualitas jaringannya telah berhasil melayani pelanggan dan masyarakat selama masa kenaikan trafik telekomunikasi sepanjang Ramadan, Lebaran, dan masa libur setelah Lebaran 2024.

“Pelayanan yang kami berikan sepanjang periode Hari Raya Idulfitri dan juga musim mudik lalu menjadi bukti komitmen untuk terus dapat melayani pelanggan di mana dan dalam situasi apa pun, termasuk saat periode Ramadan dan Lebaran,” kata Director and Chief Technology Officer Indosat Desmond Cheung, Senin (22/4/2024).

Menurut Desmond, kualitas layanan Indosat yang prima didukung oleh pemanfaatan infrastruktur jaringan berteknologi tinggi yang berbasis kecerdasan buatan/pembelajaran mesin (artificial intelligence/machine learning), efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal. Hal tersebut bisa terjadi karena perseroan telah mengantisipasinya melalui  peningkatan kebutuhan telekomunikasi pelanggan dengan menambah 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS). Penambahan jaringan seluler itu juga didukung oleh jaringan kabel fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi-lokasi prioritas yang diproyeksikan mengalami peningkatan trafik data pengguna.

Tidak hanya itu, Indosat juga telah menyiagakan lebih dari 2 ribu personel yang bekerja 24 jam dan tujuh hari, baik di lapangan maupun di Pusat Operasi Jaringan Indosat (INOC) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hasilnya, jumlah tiket aduan pelanggan pada momen libur Lebaran tahun ini pun mengalami penurunan 26% untuk IM3 dan 42% untuk Tri dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami pun bertekad untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang terbaik menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidupnya. Hal ini selaras dengan tujuan Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Desmond. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Lebaran, Trafik Data Indosat Naik 17%. Please share...!

Back To Top