Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perluas Kerja Sama Komersial

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputera (kiri) dan Chief Executive Officer (CEO) Singapore Airlines Goh Choon Phong (kanan) usai menandatangani perluasan kerja sama frequent flyer program


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Maskapai nasional Garuda Indonesia dan Singapore Airlines melakukan perluasan kerja sama komersial melalui kerja sama frequent flyer program. Kerja sama ini memperkuat ekosistem bisnis aviasi di kawasan Asia Tenggara. Perluasan kerjasama komersial membuat Garuda Indonesia dan Singapore Airlines dapat mengoptimalkan berbagai nilai tambah bagi pengguna jasa kedua maskapai.

Nilai tambah dalam frequent flyer antara lain, anggota GarudaMiles dan anggota KrisFlyer akan dapat meningkatkan jumlah maupun melalukan redemption miles yang dimiliki melalui penerbangan codeshare yang dioperasikan oleh kedua maskapai. Pada perluasan kerja sama ini kedua maskapai juga memperkuat komitmen dalam upaya pengembangan pariwisata kedua negara melalui kolaborasi strategi pemasaran. Inisiatif ini mencakup upaya bersama dalam menarik wisatawan ke Indonesia, termasuk pelaksanaan familiarisation trips bagi travel agent maupun media.

Selain program frequent flyer dan joint promotion tourism, melalui perluasan kerja sama tersebut kedua maskapai juga sepakat untuk membuka peluang potensi kerja sama sharing revenue. Potensi kerja sama ini saat ini tengah dikaji dengan mengacu kepada ketentuan regulasi yang berlaku. Rencana pengembangan kerja sama tersebut merupakan bagian tindak lanjut dari inisiatif rencana kerja sama joint venture yang secara intensif mulai dijajaki sejak tahun 2023 lalu dan saat ini terus dimatangkan antara kedua maskapai. Melalui kerja sama tersebut kedua maskapai akan menjajaki peluang untuk menggunakan kapasitas dan jaringan masing-masing pada penerbangan antara Indonesia dan Singapura yang dioperasikan kedua maskapai. Nantinya penumpang akan memiliki lebih banyak pilihan waktu penerbangan dengan harga yang kompetitif.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi pengembangan kerja sama komersial, khususnya dalam memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa. “Berangkat dari misi yang sama dalam memperkuat potensi ekosistem bisnis aviasi di kawasan Asia Tenggara, perluasan kerja sama komersial ini menjadi manifestasi penting dari komitmen kedua maskapai untuk terus memperkuat kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dalam memaksimalkan momentum kebangkitan sektor aviasi pasca pandemi,” jelas Irfan.

Irfan menambahkan, kerja sama ini menjadi fase monumental bagi Garuda Indonesia yang turut menggenapi 58 tahun kiprahnya dalam menghubungkan Indonesia dan Singapura melalui layanan rute penerbangan Jakarta-Singapura. “Kedepannya kami harapkan kerjasama ini akan dapat terus dikembangkan melalui hadirnya kolaborasi strategis bersama Singapore Airlines terhadap berbagai sektor ekonomi strategis antar kedua negara”, ungkap Irfan.

Irfan pun berharap, dengan perluasan kerja sama ini dapat menghadirkan lebih banyak pilihan nilai tambah layanan penerbangan antara Singapura dan Indonesia yang dapat diakses dari Garuda Indonesia maupun Singapore Airlines. Kerja sama ini juga nantinya diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa kedua maskapai khususnya melalui kemudahan untuk mendapatkan dan menukarkan mileage yang telah diperoleh ke dalam bentuk tiket penerbangan maupun manfaat ekskusif lainnya. “Diharapkan kedepannya juga dapat memperkuat dukungan Garuda Indonesia untuk pariwisata nasional. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia melalui Singapura,” ungkap Irfan.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Singapore Airlines, Goh Choon Phong mengatakan, kemitraan yang saling menguntungkan dengan Garuda Indonesia akan meningkatkan konektivitas antara Indonesia dan Singapura bagi para pelanggan Singapore Airlines. Hal ini akan membantu memenuhi permintaan perjalanan udara yang terus meningkat antara kedua negara dan sekitarnya, serta memfasilitasi pertumbuhan kegiatan pariwisata dan ekonomi. “Selain itu, dengan memperdalam sinergi antara program frequent flyer kami, kami dapat meningkatkan manfaat bagi pelanggan setia kami, menawarkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan dan menukarkan miles ketika bepergian dengan kedua maskapai penerbangan.” tuturnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia dan Singapore Airlines telah memperkuat jalinan kerja sama pada tahun 2023 melalui pendekatan skema “Joint Venture” pengelolaan rute penerbangan antara kedua maskapai. Kerja sama ini telah terjalin sejak tahun 2021. Saat ini, para pengguna jasa Garuda Indonesia dapat menikmati berbagai pilihan destinasi menarik yang akan dilayani oleh Singapore Airlines seperti Bali, Jakarta, Medan, dan Surabaya, serta rute jarak jauh ke Johannesburg, London (Heathrow), dan Mumbai. Sebaliknya, para pengguna jasa Singapore Airlines dapat menikmati penerbangan yang dilayani Garuda Indonesia pada rute penerbangan Singapura, Bali, Jakarta, dan Medan. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Perluas Kerja Sama Komersial. Please share...!

Back To Top