GE Vernova Dukung Penyediaan Energi Hijau di IKN

Country Director Grid Solutions GE Vernova Joko Prakoso dan Country Leader Indonesia Gas Power GE Vernova George Djohan


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- GE Vernova menyatakan pihaknya tertarik untuk mendukung pengembangan proyek kelistrikan Green City untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama dengan PT PLN (Persero) dalam menyediakan teknologi untuk kebutuhan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MWp.

"Untuk kelistrikan di IKN kami ikut berpartisipasi di proyek PLTS fase pertama berkapasitas 10 MWp yang belum lama ini dioperasikan. Kami menyediakan teknologi salah satunya yaitu transformer switch," kata Country Director Grid Solutions GE Vernova Joko Prakoso, Rabu (15/5/2024).

Selain untuk PLTS, GE Vernova juga sedang dalam pembicaraan dengan pihak IKN untuk menawarkan energy management system atau sistem manajemen energi (EnMS). Sistem ini adalah kerangka kerja bagi konsumen energi, termasuk organisasi sektor industri, komersial, dan publik, untuk mengelola penggunaan energi mereka. “Ke depannya kita lihat kalau memang dibutuhkan teknologi yang renewable dan yang lebih smart [untuk IKN] kita punya solusinya,” ucapnya.

Country Leader Indonesia Gas Power GE Vernova George Djohan menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk ikut andil dalam pengadaan proyek kelistrikan IKN ke depannya dan juga area Kalimantan lainnya. "Kami juga memiliki beberapa teknologi yang bisa ditawarkan untuk kebutuhan listrik IKN. Sebelumnya kami juga telah bekerjasama dengan PLN maupun pengembang listrik swasta menggarap pembangkit gas di area sekitar IKN yang notabenenya tersambung untuk memenuhi kebutuhan listrik Kalimantan," katanya.

Menurut George, selain IKN ke depan pihaknya juga akan mencoba untuk masuk ke proyek pembangkit listrik hidro yang berada di Kalimantan Utara. "Potensinya listrik hidro di Kaltara cukup besar, kami juga bisa jadi akan ke sana (ikut serta dalam proyek), terlebih kami juga punya teknologi yang bisa diguanakan untuk pembangkit hidro salah satinya pumped storage," terang George. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading GE Vernova Dukung Penyediaan Energi Hijau di IKN. Please share...!

Back To Top