Kalbe Dukung Perluasan Akses Air Bersih di Wonogiri

Peresmian akses air di Dusun Nglampeng dan Gamping, Wonogiri, Jawa Tengah


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) terus menunjukkan komitmen dalam menciptakan kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih baik. Program pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, menjadi bentuk implementasi komitmen Kalbe tersebut, melalui peningkatan kapasitas kehidupan masyarakat dan merawat kelestarian lingkungan.

Melanjutkan program pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan di wilayah Kabupaten Wonogiri, Kalbe meneruskan perluasan akses air bersih di Desa Boto, Kecamatan Baturetno, Wonogiri. Setelah mengaliri 120 kepala keluarga di Dusun Boto, akses air bersih diperluas kepada 90 kepala keluarga di Dusun Nglampeng dan Gamping yang masih berada di wilayah Desa Boto. Pengelolaan akses air bersih di Dusun Nglampeng dan Gamping dilakukan secara swadaya oleh warga, di bawah naungan Paguyuban Tirto Wening Subur Lancar.

Pada 22 Mei 2024, Kalbe melangsungkan peresmian akses air di Dusun Nglampeng dan Gamping di pusat kegiatan Paguyuban Tirto Wening Subur Lancar. Acara peresmian ini turut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, seperti Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, Camat Baturetno Eko Nurharyono, perangkat desa, perwakilan paguyuban binaan Kalbe, Ketua Paguyuban Tirta Asri Desa Watuagung Matheus Dwi Pramono, perwakilan Paguyuban Manunggal Lestari Dusun Boto, Desa Boto FX Supriyanto, tokoh masyarakat, serta perwakilan Kalbe.

Setyo Sukarno mengapresiasi langkah Kalbe dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Wonogiri melalui kegiatan keberlanjutannya. “Pemerintah Kabupaten Wonogiri sangat mengapresiasi berbagai program CSR dan keberlanjutan yang dilangsungkan Kalbe di Kabupaten Wonogiri. Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa hari ini dapat diresmikan,” kata Setyo, Selasa (28/5/2024).

Pengurus Paguyuban Tirto Wening Subur Lancar Wiyono juga menyambut dukungan baik Kalbe dalam penyediaan akses air bersih bagi masyarakat yang ada di Dusun Nglampeng dan Dusun Gamping. “Dibukanya akses air bersih di Dusun Nglampeng dan Dusun Gamping amat membawa manfaat bagi kami. Amanah Kalbe senantiasa kami jaga dan rawat agar dapat berguna hingga anak cucu kelak,” jelas Wiyono.

Tidak hanya meresmikan fasilitas sumber air bersih, program pengentasan tengkes dan penanaman pohon juga diluncurkan bersamaan dalam acara ini. Program-program tersebut akan berfokus di empat dusun di Kecamatan Baturetno, yakni Dusun Gamping, Dusun Nglampeng, dan Dusun Boto yang berada di Desa Boto serta Dusun Sendang di Desa Watuagung. Program pengentasan tengkes dilakukan dengan menukar sampah organik sisa makanan dengan susu. Program ini dikoordinir oleh penanggung jawab mewakili paguyuban binaan Kalbe dari empat dusun di Kecamatan Baturetno. Adapun prosesi peluncuran program penanaman pohon dilakukan secara simbolik dengan penyerahan bibit pohon buah oleh Area Business Manager PT Enseval Putera Megatrading Tbk Cabang Solo Nurbani Aziz, Area Business Manager Enseval Cabang Yogyakarta Paul Levin Nahampun, disaksikan Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager Abi Nisaka kepada perwakilan paguyuban binaan Kalbe.

Menurut Abi Nisaka, peresmian sumber air bersih dan peluncuran berbagai program kesehatan ini menjadi wujud komitmen keberlanjutan Kalbe dalam penyediaan akses layanan kesehatan, utamanya akses air bersih. “Sejalan dengan komitmen Kalbe Bersama Sehatkan Bangsa, kami terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti program perluasan akses air bersih di Dusun Nglampeng dan Gamping ini. Melalui akses air ini, dapat meningkatkan akses layanan kesehatan dan pada akhirnya meningkatkan kualitas kehidupan,” papar Abi.

Kondisi geografis Kabupaten Wonogiri yang kering ditambah geologis yang berbatu karena terletak di Pegunungan Seribu menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan akses air bersih. Hal ini menjadi alasan utama Kalbe untuk mendorong pemudahan akses air bersih di wilayah tersebut.

Kalbe Corporate Sustainability Assistant Manager Arie Wibowo mengatakan bahwa program pembukaan akses air bersih di Dusun Nglampeng dan Dusun Gamping menjadi bukti kehadiran Kalbe yang berkelanjutan dan memberikan dampak bagi masyarakat. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kalbe Dukung Perluasan Akses Air Bersih di Wonogiri. Please share...!

Back To Top