Chandra Asri Group Optimis Diversifikasi Bisnis Akan Jaga Ketahanan Finansial Perusahaan

(Ki-Ka) Human Resources and Corporate Affairs Director Suryandi, Partner McKinsey and Company Thomas Hansmann, Partner and Leader of McKinsey’s People and Organizational Performance Practice in Southeast Asia Phillia Wibowo, Corporate Communication General Manager Chandra Asri Group Chrysanthi Tarigan, Legal and External Affairs Director Chandra Asri Edi Rival


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perusahaan solusi kimia dan infrastruktur terkemuka di Indonesia, PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) menggelar acara Launchpad to Success mengangkat tema “A New Era of Industry: Building the Future through Transformation  and Competency” di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (27/6/2024). Acara ini diselenggarakan bertujuan untuk memperkenalkan wajah baru Chandra Asri Group kepada masyarakat.

Chandra Asri Group telah bertransformasi menjadi perusahaan solusi kimia dan infrastruktur, yang dimulai dengan mengakuisisi berbagai aset infrastruktur seperti air, listrik, dan kepelabuhanan. Adapun lini bisnis infrastruktur Chandra Asri Group akan mendukung lini bisnis kimia perusahaan sekaligus memberikan layanan kepada eksternal perusahaan. Chandra Asri Group optimis bahwa diversifikasi yang kini berjalan akan membawa ketahanan finansial bagi perusahaan dan berkontribusi bagi industri dan masyarakat, sesuai dengan komitmen perusahaan menjadi Mitra Pertumbuhan bagi Indonesia.

Legal and External Affairs Director Chandra Asri Edi Riva’i mengatakan, diversifikasi memungkinkan Chandra Asri Group untuk menawarkan produk dan layanan yang lebih luas dengan pilihan yang lebih banyak. Perusahaan juga menjadi lebih efisien, produktif, dan memiliki daya saing untuk menghadapi tantangan bisnis di skala internasional. “Ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjadi mitra pertumbuhan bagi para pemangku kepentingan perusahaan baik dari pemerintah, pelanggan, investor, karyawan, dan masyarakat luas,” kata Edi.

Sementara itu, dalam era transformasi bisnis, Edi menyebut pengembangan kompetensi karyawan menjadi sangat penting. Chandra Asri Group pun memastikan kompetensi karyawan disesuaikan dengan perkembangan bisnis perusahaan. “Perusahan juga memastikan adanya pelaksanaan training dan development yang memadai bagi seluruh karyawan untuk membantu mereka beradaptasi terhadap perubahan kompetensi yang baru,” ujar Edi.

Selain itu, lanjut Edi, transformasi digital dilakukan untuk sistem HR dan pengembangan talenta perusahaan sebagai katalis dalam proses transformasi ini. “Perusahaan juga melibatkan karyawan dalam proses transformasi sehingga karyawan mendapatkan kesempatan pembelajaran langsung,” tambahnya.

Senada, Human Resources and Corporate Affairs Director Suryandi menekankan bahwa faktor pendorong yang menentukan keberhasilan transformasi adalah karyawan. Menurut Suryandi, karyawan merupakan aset yang penting untuk menjamin keberhasilan dan kelancaran dari segi operasional. “Oleh karena itu, karyawan diberi kesempatan untuk bertumbuh dan meningkatkan kompetensi agar mereka menjadi bagian dari pertumbuhan itu sendiri,” ujar Suryandi.

Partner and Leader of McKinsey’s People and Organizational Performance Practice in Southeast Asia Phillia Wibowo turut membocorkan strategi untuk mengembangkan talenta yang efektif di era transformasi digital agar karyawan bisa beradaptasi dengan perusahaan. “Di era digital banyak yang harus diperhatikan, keahlian tetap penting, kompetensi tetap penting, karyawan harus dalami sedalam dalamnya. Beberapa skill semakin penting juga, karena kemampuan untuk bergaul dengan orang dan kemampuan untuk mengorkestrasi stakeholder mencapai suatu tujuan itu juga menjadi soft skill yang penting,” kata Phillia.

Chandra Asri Group Tekankan Komitmen terhadap ESG dan Keberlanjutan

Dalam kesempatan yang sama, Chandra Asri Group juga menceritakan langkah-langkah perusahaan di bidang ESG & Keberlanjutan. Salah satu program unggulan perusahaan adalah mendorong implementasi aspal plastik yang kini telah membentang sepanjang lebih dari 100 km di Indonesia dengan melibatkan berbagai mitra. Ini adalah inisiatif perusahaan untuk memberi contoh bagaimana sampah plastik yang dikelola dengan baik dapat memberi manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

Chandra Asri Group juga baru saja masuk dalam indeks global bergengsi yaitu Indeks Standar Global Morgan Stanley Capital International (MSCI Global Standard Indexes) untuk Emerging Markets. Masuknya Chandra Asri Group dalam MSCI Global Standard Indexes merupakan pengakuan atas bukti kinerja keuangan perusahaan yang solid, inisiatif pertumbuhan strategis, dan komitmen terhadap keberlanjutan. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Chandra Asri Group Optimis Diversifikasi Bisnis Akan Jaga Ketahanan Finansial Perusahaan. Please share...!

Back To Top