Produsen Optimis, BYD Sebut Potensi Investasi EV di Indonesia

BYD Indonesia juga sudah menggelar seremoni penyerahan perdana unit kendaraan mereka kepada konsumen, bertempat di Indonesia Design District PIK 2 yang dihadiri langsung oleh Chairman dan CEO BYD Company Wang Chuanfu


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pasar otomotif Tanah Air masih diminati oleh produsen mobil listrik (electric vehicle/ EV), dengan potensi yang besar di masa depan. Pernyataan ini disuarakan oleh manufaktur EV asal China, BYD, yang mulai menawarkan produk mereka di Indonesia kurang lebih satu tahun terakhir. BYD memastikan akan ada investasi skala besar dalam bentuk pembangunan fasilitas pabrik di Indonesia.

Luther Panjaitan, Head of Marketing and Communication BYD Indonesia menyampaikan, keyakinan tersebut datang dengan adanya catatan penjualan produk mereka di Indonesia. Meski tidak secara eksplisit mengungkap angka penjualan secara pasti, ia menegaskan respons konsumen melebihi ekspektasi pihak prinsipal. “Jujur BYD Indonesia itu mengalami suatu momen yang dari sisi ekspektasi sudah beyond expectation dari sisi penjualan. Hal ini juga menjadi suatu bagian yang mana manajemen dan eksekutif BYD itu perhatikan. Sehingga mereka datang ke sini, jadi confidence level kami sangat tinggi,” ungkap Luther, Minggu (30/6/2024).

Mengutip catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dalam periode Januari hingga Mei 2024, angka penjualan mobil listrik di Tanah Air mencapai 9.178 unit. Dibandingkan dalam periode serupa pada 2023 lalu yang hanya mencapai 4.641 unit maka terdapat kenaikan hingga 97,7%. Sinyal kepercayaan diri BYD Indonesia untuk terjun di pasar mobil listrik Tanah Air juga terdapat dalam perencanaan bisnis mereka, jelas Luther. BYD memastikan akan ada investasi skala besar dalam bentuk pembangunan fasilitas pabrik di Indonesia.

“Dalam proses planning bisnis di indonesia yang berbasis investasi ini, di dalamnya kami juga memasukkan (rencana pengembangan) manufaktur dalam roadmap (peta jalan) bisnis. Tentunya confidence itu menjadi keniscayaan awal, sebelum menentukan establishment sebesar dan sekelas high investment (berupa pabrik),” tegasnya.

Meski begitu, Luther enggan memberi bocoran mengenai kapan proses pembangunan fasilitas pabrik BYD di Indonesia dimulai. “Masih dalam proses persiapan,” katanya singkat.

BYD Indonesia juga sudah menggelar seremoni penyerahan perdana unit kendaraan mereka kepada konsumen pada akhir pekan lalu. Seremoni tersebut melibatkan 100 orang konsumen perdana BYD di Tanah Air, dari total 1.000 pelanggan yang sudah mengajukan surat pemesanan kendaraan (SPK) sejak tahun lalu. Acara yang digelar di Indonesia Design District PIK 2 itu juga dihadiri langsung oleh Chairman dan CEO BYD Company Wang Chuanfu. Kehadiran sosok pimpinan prinsipal BYD itu menurut Luther, dapat menjadi indikasi betapa pentingnya pasar Indonesia bagi BYD di masa mendatang. (ym)

Labels: Otomotif

Thanks for reading Produsen Optimis, BYD Sebut Potensi Investasi EV di Indonesia. Please share...!

Back To Top