Mitra Keluarga Gandeng SAP Tingkatkan Efisiensi Operasional danPelayanan Medis

(Dua dari Kanan) Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP lndonesia

JAKARTA (IndonesiaTerkino.com)- PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, operator Rumah Sakit Mitra Keluarga, mengumumkan kerja sama dengan SAP Indonesia, PT Abyor International dan T-Systems, untuk mengimplementasi solusi dan sistem yang terintegrasi di rumah sakit untuk meningkatkan efisiensi operasional serta meningkatkan pelayanan medis pasien. Tujuan diimplementasikannya proyek ini agar Mitra Keluarga dapat meningkatkan layanan dalam mengolah informasi pasien dan operasional secara real-time, sehingga dapat mempercepat pengambilan keputusan dan mengoptimalkan realisasi pendapatan.

Solusi kesehatan ini memungkinkan Mitra Keluarga menjalankan rumah sakit secara real-time, termasuk solusi operasional dan klinis, yang meliputi manajemen keuangan, pengadaan, persediaan, dan pasien, serta penagihan dan catatan medis elektronik (Electronic Medical Records EMR) pada platform SAP HANA. SAP HANA adalah database in-memory dan platform aplikasi, yang mentransformasi kalkulasi bisnis yang panjang menjadi proses real-time.

Solusi terintegrasi untuk SAP Electronic Medical Record and Business Process Management ini memungkinkan Mitra Keluarga mengakses data real-time pada platform tunggal, memungkinkan satu sumber data klinis, organisasi dan data keuangan pada titik perawatan, guna menjadikan interaksi terhadap pasien lebih personal.

”Saat ini sistem informasi yang kami pakai sudah sejak tahun 1989 dan belum terintegrasi antar rumah sakit. Dengan jumlah dua juta pasien tiap tahunnya, Mitra Keluarga perlu menggunakan sistem baru yang bisa memanfaatkan data secara maksimal,” ujar Rustiyan Oen, Direktur Utama Mitra Keluarga saat penandatanganan kerja sama di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, (27/6/2016).

“Dengan memanfaatkan keahlian SAP, bekerja sama dengan mitranya PT Abyor international dan T-Systems, kami berharap dapat melakukan penyederhanaan proses bisnis, mengurangi biaya dan mencapai pengambilan keputusan yang lebih cepat. Manfaat ini memberi kami kesempatan untuk meningkatkan kualitas dan keamanan perawatan pasien, mengurangi inefisiensi dan pemborosan serta mempromosikan manajemen dan administrasi yang lebih baik dari lingkungan rumah sakit itu sendiri,” tambah Rustiyan.

Megawaty Khie, Vice President dan Managing Director SAP lndonesia, mengatakan Solusi ini juga akan menyederhanakan proses bisnis mereka, menciptakan manajemen rumah sakit yang lebih baik dan mencapai keunggulan operasional.

“Untuk proyek ini dan semua proyek lainnya, SAP melisensi perangkat lunak sementara mitra kami seperti PT Abyor lntemational dan TSystems bekerja untuk implementasi solusi. Dalam proyek ini, kami telah menyertakan layanan MaxAttention SAP guna membantu kelancaran penyelesaian proyek, validasi komitmen kami untuk keberhasilan mereka,” lanjut Megawaty.

Sejak didirikan tahun 1989, Mitra Keluarga telah mengembangkan jaringan rumah sakit di Indonesia dengan mengelola 12 rumah sakit di seluruh wilayah DKI Jakarta, Surabaya dan Tegal. Dan berencana untuk menambahkan 6 cabang Iainnya hingga tahun 2019. Sementara itu, implementasi SAP baru akan digunakan mulai tahun 2018 di salah satu rumah sakit yang belum ditentukan, dan proyek ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2022 di semua rumah sakit Mitra Keluarga. (red)
Labels: #efisiensi operasional, #healthcare, #Mitra Keluarga, #pelayanan medis, #SAP, Ekonomi

Thanks for readingMitra Keluarga Gandeng SAP Tingkatkan Efisiensi Operasional danPelayanan Medis. Please share...!

Back To Top