BI Gelar Pelatihan Wartawan Daerah di Jakarta

BI Gelar Pelatihan Wartawan Daerah 2017

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan pelatihan wartawan daerah secara bersama-sama di Jakarta, setelah sebelumnya dilakukan masing-masing Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Pelatihan ini diikuti 580 wartawan baik dari media cetak, televisi, radio, serta online, berasal dari 34 propinsi dan menjadi stakeholder dari 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman mengatakan, kegiatan ini dilakukan sehingga semakin banyak pemahaman wartawan akan tugas dan fungsi bank sentral.

"Dalam rangka menjalankan fungsi sebagai otoritas moneter, sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan, BI memandang komunikasi merupakan hal yang penting," ujarnya di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Menurutnya, komunikasi yang lancar, efektif, dan efisien akan membuat transmisi kebijakan BI dapat diterima industri, pelaku usaha dan masyarakat secara cepat dan tepat sasaran, termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi. "Sebagai salah satu pilar demokrasi, media massa juga memiliki peran untuk mengawal kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas," tandasnya.

Dia juga menambahkan, atas peran media massa yang besar tersebut, BI memandang penting untuk meningkatkan pemahaman wartawan media massa secara rutin, terutama terhadap fungsi bank sentral dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

Pelatihan Wartawan Daerah 2017 tersebut mengambil tema “Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat”, di Jakarta, pada 19-22 Nopember 2017. Kegiatan ini dihadir oleh Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Yoga Affandi, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta Pengamat Ekonomi Samuel Sekuritas, Lana Soelistyoningnsih. (dri)
Labels: Bank Indonesia, Ekonomi

Thanks for reading BI Gelar Pelatihan Wartawan Daerah di Jakarta. Please share...!

Back To Top