BPJS Kesehatan Surabaya Terapkan Sistem Finger Print

Kepala BPJS Kesehatan Kota Surabaya, Herman Dinata Mihardja, Rabu (19/6/2019)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menerapkan finger print untuk mempercepat pelayanan kesehatan bagi peserta. Layanan finger print ini telah diterapkan mulai akhir Mei 2019.

Kepala BPJS Kesehatan Kota Surabaya, Herman Dinata Mihardja berharap, layanan finger print ini, semakin memudahkan dan mempercepat layanan kesehatan bagi peserta yang menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan, baik di Faskes tingkat I maupun Rumah Sakit. "Tidak hanya itu, kedepannya dengan proses digitalisasi ini proses penagihan juga dapat lebih cepat lagi," ujarnya, Rabu (19/6/2019).

Diakuinya, masih adanya piutang BPJS Kesehatan terhadap Rumah Sakit, yaitu belum adanya pengajuan penagihan yang dilakukan pihak Rumah Sakit. Selain itu, juga karena adanya data susulan peserta.

Perlu diketahui, BPJS Kesehatan Kota Surabaya setiap bulannya membayarkan klaim sekitar Rp270 miliar kepada sekitar 50 rumah sakit yang ada di Surabaya. Jadi setiap harinya ada pembayaran klaim sekitar Rp9 miliar. Namun demikian, masih ada sekitar 50% yang belum ditagihkan dari rumah sakit. Untuk wilayah Surabaya yang paling banyak tagihannya adalah Rumah Sakit Dr Sutomo Surabaya yakni sekitar Rp120 miliar yang belum terbayarkan. "Saat ini kami terus melakukan percepatan proses pelayanan pelaporan pembayaran supaya permasalahan tagihan dari rumah sakit bisa dengan cepat diselesaikan," ujarnya.

Ditambahkannya, permasalahan yang kerap terjadi adalah susulan penagihan dimana salah satunya disebabkan karena berkas belum lengkap. Selain itu, permasalahan perbedaan persepsi coding sehingga menimbulkan kesalahan dalam proses penagihan dari rumah sakit. "Namun, kami akan terus melakukan sosialisasi kepada rumah sakit, salah satunya adalah terkait dengan kadaluarsa waktu penagihan klaim selama enam bulan," tutupnya. (dri)
Labels: berita bpjs kesehatan, bpjs kesehatan surabaya terapkan sistem finger print, indonesiaterkini.com

Thanks for reading BPJS Kesehatan Surabaya Terapkan Sistem Finger Print. Please share...!

Back To Top