AMD FidelityFX Super Resolution Hadirkan Pengalaman Kualitas dan Resolusi Tinggi untuk Para Gamer

 

SANTA CLARA, CALIFORNIA (IndonesiaTerkini.com)- AMD (NASDAQ: AMD) hari ini mengumumkan solusi untuk sebuah fitur yang memberikan peningkatan dan pengalaman terbaru, AMD FidelityFX Super Resolution (FSR). AMD FSR adalah sebuah platform open-source, teknologi cross-platform yang dirancang untuk meningkatkan framerate dan memberikan kualitas yang nyata yang memberikan pengalaman bermain game dengan resolusi tinggi. Lebih dari 40 developer game mengumumkan dukungan untuk FSR di game dan/atau mesin game mereka, dan hari ini tujuh game menambahkan dukungan untuk FSR – 22 Racing Series, Anno 1800, Evil Genius 2, Godfall, Kingshunt, Terminator: Resistance dan The Riftbreaker –diharapkan pada akhir tahun ini, termasuk DOTA 2, Far Cry 6 dan Resident Evil Village.

Menawarkan dukungan yang luas pada lebih dari 100 prosesor dan GPU AMD, FSR memberikan performa rata-rata 2,4X lebih kencang dalam mode “Performance” pada resolusi 4K di seluruh judul tertentu dibandingkan dengan resolusi standar asalnya. Peningkatan fitur teknologi yang menggunakan algoritma konstruksi canggih untuk menganalisis fitur dalam gambar dan menciptakannya kembali pada resolusi yang akan ditargetan untuk menghasilkan frame rate yang lebih tinggi, diikuti dengan ketajaman visual yang menghadirkan visual gambar dengan peningkatan detail yang lebih sempurna. Hasilnya adalah gambar dengan kualitas super tinggi dan detail pixel tajam jika dibandingkan dengan metode upscalling dasar.

“Tujuan kami dengan FidelityFX Super Resolution adalah untuk mengembangkan solusi upscaling kelas dunia yang canggih yang didasarkan pada standar industri yang dapat dengan cepat dan mudah diimplementasikan oleh para developer game, dan dirancang untuk bagaimana para gamer benar-benar bermain game,” kata Scott Herkelman, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit, AMD dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/6/2021).

“FSR adalah upscaler yang ideal di industri – tidak memerlukan hardware khusus apa pun dan didukung di seluruh platform dan ekosistem yang luas untuk semua gamer dapat alami dan nikmati. Kami sangat senang dengan tanggapan dan dukungan dari mitra developer kami dan kami tidak sabar menanti para gamer mendapatkan FSR untuk mereka coba sendiri,” lanjutnya.

AMD FSR menawarkan empat pengaturan kualitas – Ultra Quality, Quality, Balanced dan Performance – memungkinkan para gamer untuk menyesuaikan keseimbangan antara kualitas gambar dan performa berdasarkan pilihan mereka, memberikan performa tinggi, pengalaman gaming yang memukau secara visual bahkan untuk fitur visual yang paling menuntut, termasuk raytracing. Dalam mode Ultra Quality, kualitas gambar FSR hampir tidak dapat dibedakan dari resolusi target native-nya.

Sebuah Solusi Upscalling dengan Open-Source

Dirancang untuk kemudahan integrasi ke dalam judul baru dan yang sudah ada, AMD FSR didukung DirectX® 11, 12 dan Vulkan® API. Mendukung berbagai jenis APU dan kartu grafis, FSR dioptimalkan untuk kartu grafis AMD Radeon™ RX 5000 dan Radeon RX 6000 Series, termasuk kartu grafis mobile, dan juga didukung pada kartu grafis AMD Radeon RX 500 Series, kartu grafis Radeon RX 480/470/460 , kartu grafis Radeon RX Vega Series, semua Prosesor AMD Ryzen dengan kartu grafis Radeon, serta berbagai produk kartu grafis kompetitor.

AMD FSR diharapkan tersedia secara luas untuk para developer game pada pertengahan Juli 2021 yang dapat diunduh secara gratis pada AMD GPUOpen, komunitas open-source yang menyediakan kode, dokumentasi, dan sumber daya untuk membantu developer mendapatkan hasil maksimal dari pemrograman di GPU.

Dukungan Studio dan Game

AMD FSR dibangun dengan kolaborasi yang erat antara studio dan developer game terkemuka. Lebih dari 40 developer game tmenjanjikan dukungan integrasi FSR ke dalam judul dan mesin game teratas mereka, dengan diharapkan lebih banyak lagi yang akan masuk pada akhir tahun dan seterusnya.

“Dengan AMD FidelityFX Super Resolution, kami dapat menawarkan peningkatan kualitas gambar kepada para gamer dengan biaya performa lebih rendah dari rendering resolusi tinggi,” kata Dan Ginsburg, graphics developer Valve.

“Ini sangat menarik bagi pengguna dengan GPU kelas menengah yang ingin menargetkan resolusi yang lebih tinggi. Kami sangat senang bahwa ini dirancang untuk digunakan dengan semua GPU dan dengan pendekatan open-source AMD dengan FSR,” tambahnya.

“Mengimplementasikan AMD Fidelity FX Super Resolution ke dalam The Riftbreaker adalah salah satu integrasi teknologi paling luar biasa yang pernah kami lakukan,” kata Pawel Lekki, COO Exor Studios.

“Berkat filosofi ‘no black box’ dari AMD, kami dapat dengan mudah mengimplementasikannya di PC dan konsol dan menyesuaikannya untuk spesifikasi mesin game kami,” pungkasnya. (red/dri)

Labels: IPTEK

Thanks for reading AMD FidelityFX Super Resolution Hadirkan Pengalaman Kualitas dan Resolusi Tinggi untuk Para Gamer. Please share...!

Back To Top