Kemitraan Kadin dan 1Engage Hadirkan Solusi Digital untuk UMKM

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan marketing tech agency startup 1Engage untuk mendukung transformasi paradigma bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan marketing tech agency startup 1Engage untuk mendukung transformasi paradigma bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

MoU ini menggarisbawahi kolaborasi untuk mengembangkan solusi digital yang merangkul kebutuhan khas UMKM. Fokus utama cakupan MoU ini adalah memanfaatkan WhatsApp sebagai platform pesan terbesar di Indonesia untuk menjadi alat dan strategi inovatif untuk memperluas peluang operasional online bagi UMKM, serta meningkatkan daya saing serta kehadiran mereka secara inklusif. Hal ini juga sejalan dengan skema kemitraan inklusif (inclusive loop model) yang digagas Kadin Indonesia di mana UMKM difasilitasi untuk mengadopsi transformasi digital sehingga meningkatkan produktivitas dengan praktik berkelanjutan.

Wakil Ketua Umum Bidang Kewirausahaan Kadin Indonesia Aldi Haryopratomo mengatakan, kolaborasi ini berlandaskan pada kesamaan visi untuk memberikan solusi inklusif dalam mendukung percepatan pertumbuhan bisnis online UMKM di Indonesia, serta memastikan bahwa para pelaku UMKM dapat merasakan manfaat dari inovasi digital tanpa terkecuali. "Semua UMKM juga bisa menjadi anggota Kadin Indonesia lewat program e-UMKM secara gratis dan memperoleh kesempatan mendapatkan dana hibah untuk mengembangkan bisnis online-nya,” ujar Aldi, Selasa (9/1/2024).

Di tahun pertama, program e-UMKM bertujuan membawa 1 juta UMKM Indonesia naik kelas menjadi #BintangDigital lewat pelatihan dan pembinaan bisnis online, penggunaan media promosi digital untuk pengembangan bisnis serta perlindungan hukum lewat kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Aldi menambahkan, titel #BintangDigital akan diberikan kepada setiap UMKM yang sukses mengembangkan bisnisnya sehingga menjadi teladan dan aspirasi nyata bagi wirausahawan lain serta mampu mendorong keberlangsungan program. "Saya percaya pada potensi UMKM kita. Maka saya yakin akan ada banyak #BintangDigital yang mengorbit dari berbagai sektor maupun provinsi di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Yap Kok Leong, CEO 1Engage menyatakan antusiasnya untuk bekerja sama dengan Kadin Indonesia dalam menghadirkan solusi inklusif yang memanfaatkan kekuatan WhatsApp, messaging channel yang dipergunakan oleh lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia. Namun, selain peran besar WhatsApp, KL menggarisbawahi tiga faktor untuk menyukseskan program ini, yaitu (1) video awareness untuk meningkatkan kesadaran UMKM akan program e-UMKM (2) pelatihan secara online dan offline untuk bimbingan penggunaan teknologi (3) solusi pemasaran berbasis teknologi dalam bentuk customer data platform (CDP) serta fitur pemasaran digital lainnya.

"Penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari penunjukkan 1Engage sebagai partner teknologi marketing oleh GSMA APAC dan Meta, pada acara GSMA: M360 APAC di Seoul pada bulan September 2023 yang lalu," kata dia. Penandatanganan MoU ini akan diikuti dengan perilisan solusi digital khusus UMKM yang akan dilakukan pada Februari 2024 mendatang. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kemitraan Kadin dan 1Engage Hadirkan Solusi Digital untuk UMKM. Please share...!

Back To Top