Chandra Asri Group Terapkan Jalan Aspal Plastik Sepanjang 50,2 Km di Garut

Chandra Asri Group menerapkan jalan aspal plastik di Garut, Jawa Barat sepanjang 50,2 km


GARUT (IndonesiaTerkini.com)- PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) menerapkan jalan aspal plastik di Garut, Jawa Barat sepanjang 50,2 km pada Kamis (7/3/2024). Program Aspal Plastik untuk Indonesia Asri ini merupakan bagian dari implementasi prinsip ekonomi sirkular yang diterapkan oleh Chandra Asri Group sebagai bagian dari inisiatif Environmental Social and Governance (ESG) melalui berbagai pemangku kebijakan salah satunya pemerintah daerah.

Circular Economy and Partnership Manager Chandra Asri Group Nicko Setyabudi mengatakan, pembangunan aspal plastik di Garut merupakan jalan terpanjang di satu daerah yang mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan semua pemangku kebijakan. “Aspal plastik sebagai solusi yang inovatif dalam berkontribusi menangani sampah plastik di Indonesia melalui prinsip ekonomi yang saat ini diimplementasikan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain itu, pembangunan ini dapat memberikan solusi yang komprehensif dan memperluas akses pendidikan lingkungan sekaligus membangun komunitas yang tangguh di Garut,” kata Nicko.

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana mengungkapkan pembangunan jalan aspal campur plastik bekerja sama dengan Yayasan Bakti Barito dan PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), sesuai dengan kesepakatan yang dibuat Kabupaten Garut telah mengaplikasikan penerapan aspal plastik dengan panjang 50,2 kilometer. Hal ini merupakan inovasi untuk menjaga lingkungan dari membludaknya produksi sampah plastik di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Garut. “Sampah plastik menjadi masalah utama pencemaran, plastik tidak mudah terurai, dan adanya aspal plastik ini bisa mengurangi produksi sampah. Seperti mengaplikasikan aspal plastik di Kabupaten Garut pada tahun 2022 dengan panjang 16,56 km di 6 ruas jalan, dan tahun 2023 dengan panjang 33,68 km tersebar di 17 ruas jalan,” ungkap Nurdin.

Lebih lanjut, Nurdin menyampaikan bangga bisa bekerja sama dengan PT Chandra Asri Pacific Tbk karena memilih Garut sebagai daerah percontohan penerapan aspal plastik paling panjang 50,2 km, lebih panjang daripada daerah lain yang totalnya 120,8 km.

Senada, Wakil Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia Justin Wiganda mengutarakan bahwa kebanggaannya pihaknya dilibatkan dalam kerja sama ini. Sehingga, kedepan di berbagai daerah pencapaian pengurangan limbah plastik akan terus bergulir. "Tentunya dengan adanya terobosan ini selain meningkatkan kualitas dan penataan infrastruktur sarana umum juga sekaligus usaha ini meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di berbagai daerah," ujar Justin. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Chandra Asri Group Terapkan Jalan Aspal Plastik Sepanjang 50,2 Km di Garut. Please share...!

Back To Top